Friday, February 24, 2012

Pemimpin, Solusi Memajukan Indonesia

Ir. Soekarno
Bagaimana Indonesia menjadi bangsa yang disegani di dunia?
Pertanyaan ini menggelitik pikiran dan hati untuk dijawab oleh setiap rakyat Indonesia. Bila kita melihat sepak terjang Indonesia di kancah internasional sejak zaman kemerdekaan maka kita akan melihat bahwa Indonesia mengalami penurunan yang drastis di berbagai bidang.
Kita dapat melihat peran Soekarno yang begitu besar dahulu kala. Amerika Serikat dan Uni Soviet yang notabene merupakan bangsa besar di dunia, berlomba untuk memikat hati Soekarno dalam berbagai bentuk kerja sama. Indonesia pada era Soekarno merupakan bangsa yang besar yang ditakuti oleh negara-negara lain. Hal ini tidak lain karena faktor Soekarno sebagai seorang Presiden, seorang revolusioner besar, penyambung lidah rakyat! Wibawa dan keahlian Soekarno dalam memimpin Indonesia telah membawa Indonesia disegani sebagai bangsa yang besar. Namun jika melihat realita yang sekarang, apakah bangsa ini dapat disebut sebagai bangsa yang disegani? Tidak! Bangsa ini memiliki banyak masalah intern yang tidak dapat diatasi dengan baik. Bagaimana mungkin jika di dalam negeri saja punya banyak masalah, konflik kepentingan, dan lain sebagainya dapat menjadi bangsa yang kuat?
Maka dari itu, Indonesia membutuhkan peran seorang pemimpin yang sungguh-sungguh revolusioner, yang mampu membawa Indonesia pada kemajuan yang signifikan. Hal ini tidaklah tidak mungkin karena Indonesia memiliki populasi yang banyak di antara negara-negara lain. Sistem di Indonesia mungkin sudah harus dirubah. Seorang calon pemimpin tidak hanya berasal dari partai, namun juga dapat maju sebagai pribadi. Hal ini mengingat paradigma saat ini terhadap partai yang cenderung negatif. Partai hanya mementingkan segelintir golongan tanpa mendahulukan kepentingan umum. Jika saja sistem pemilihan dapat diubah, maka bukan tidak mungkin akan muncul seorang pemimpin yang universal, tidak lagi memandang primordialisme dan kepentingan segelintir golongan saja. Ia dapat menjadi pemimpin yang mengedepankan kepentingan umum.
Semoga di masa mendatang, pemimpin di negeri ini mampu untuk mengakomodasi kepentingan umum dan sungguh-sungguh membawa Indonesia ke tahap negara yang maju dan disegani di dunia. Tidak ada salahnya untuk bermimpi karena mimpi itu adalah awal dari sebuah kemajuan, awal dari sebuah kesempurnaan.

0 comments: