Wednesday, February 22, 2012

Komunikasi Interaktif, INTERNET


Komunikasi interaktif mulai berkembang pada tahun 1946 ketika komputer mainframe pertama kali ditemukan oleh Universitas Pennsylvania di Phildephila, Amerika serikat. Komunikasi interaktif ini memudahkan manusia untuk menyampaikan gagasannya melalui berbagai media yang sekarang ini sangat berkembang.
Secara tidak langsung, mau tidak mau setiap orang pasti terbawa akan arus globalisasi. Kemajuan teknologi membuat setiap individu untuk menggunakannya. Segala permasalahan kehidupan dan kebutuhan dasar manusia pada zaman ini telah menggunakan teknologi yang disebut dengan internet.
Internet ditemukan seiring dengan berjalannya waktu dan itu sangat membantu. Bila melihat realitas saat ini, internet adalah bentuk kecanggihan teknologi bermata dua. Di satu sisi internet sangat membantu manusia untuk bekerja atau memenuhi kebutuhan namun di sisi lain internet dapat menimbulkan berbagai macam konflik.
Kebebasan manusia saat ini tidak bisa tidak dapat diukur dengan pola atau tradisi modern dalam internet. Kecanggihan internet dapat memuat berbagai aspirasi dalam masyarakat, baik dalam lingkup sempit maupun dalam lingkup yang besar atau dunia global. Namun kebebasan ini harus dikritisi sehingga tidak menimbulkan konflik yang berkepanjangan.
Komunikasi sangatlah penting untuk menjaga keberlangsungan kehidupan yang damai. Perlu adanya kesadaran dalam diri setiap individu untuk tidak menciptakan kontroversi dalam mengakses internet. Banyak individu dalam masyarakat yang cenderung menggunakan sarana komunikasi global ini sebagai wadah untuk menciptakan pertengkaran. Maka dari itu dibutuhkan pula kekritisan dalam masyarakat agar tidak terprovokasi oleh hal-hal yang menyangkut dengan kontroversi massa dalam internet.
Meskipun banyak hal yang harus dibenahi (konflik dan sebagainya), manusia patut bersyukur akan keberadaan internet yang dapat membantu setiap individu berinteraksi satu sama lain. Apabila interaksi yang positif ini terus menerus berkembang maka akan timbul situasi masyarakat yang harmonis atau sesuai dengan equilibrium sosial.

0 comments: